Mudahnya Pelayanan Kantor Desa Melalui Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Desa

14 Februari 2022
Molas Poco
Dibaca 13 Kali
Mudahnya Pelayanan Kantor Desa Melalui Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Desa

Pengertian dan Manfaat SID

SID bisa diartikan sebagai aplikasi dan proses berbasis komputer untuk mengelola informasi yang berkaitan dengan kantor desa, mendukung tugas dan fungsi kantor desa, terkait administrasi kependudukan, pelaporan, perencanaan, pengelolaan aset, layanan public, pengelolaan anggaran, dan lain sebagainya.

Berdasarkan pengertian di atas, jenis aplikasi informasi desa yang tercakup pada Sistem Informasi Desa dalam suatu desa sendiri bisa terdiri dari beberapa aplikasi, seperti OpenSID sebagai aplikasi untuk pengelolaan data mengenai kependudukan, BUMDes, SISKEUDES untuk pengelolaan keuangan desa, dan lain sebagainya. 

Apa Manfaat dari Sistem Informasi Desa?

Ada beberapa manfaat dan peranan SID, diantaranya sebagai berikut :

Menjadikan Kantor Desa Lebih Efektif

Contohnya dikarenakan dalam SID tersimpan data-data penduduk berikut atributnya, maka kantor desa pun menjadi lebih mudah untuk memilah data kependudukan dengan akurat sesuai kriteria tertentu yang diinginkan. Maka dari itu, dapat menargetkan program pemerintah agar tepat sasaran. 

Kantor Desa Menjadi Lebih Efisien

Dengan menggunakan OpenSID sebagai sistem informasi kependudukan, maka kantor desa bisa memberikan layanan berbentuk surat keterangan untuk warga lebih cepat daripada menggunakan cara manual. Melalui OpenSID ini data penduduk telah tersimpan dengan baik dan bisa diisikan otomati ke dalam surat yang dapat langsung dicetak.

Pemerintah Desa Menjadi Lebih Transparan

Melalui SID, maka pemerintah desa bisa mengelola informasi mengenai kegiatan desa secara mudah kepada warganya sekaligus dapat diakses lebih mudah oleh warga. Seperti, kantor desa bisa menggunakan SID untuk pengelolaan informasi mengenai perencanaan pengembangan desa. Selain itu juga bisa menampilkan informasi di berbagai media, baik itu berbentuk papan pengumuman, web desa, dan lain sebagainya.

Menjadikan Layanan Publik Lebih Baik

SID kantor desa menjadi lebih efektif dan efisien untuk melakukan tugas dan fungsi mereka dengan baik. Mengingat tugas utama dari kantor desa sendiri ialah memberikan layanan kepada masyarakat, sehingga fungsi tersebut dapat bekerja lebih baik. Sederhananya, warga bisa mendapatkan surat keterangan secara cepat dengan data lebih akurat.

Lebih Akuntable

Melalui informasi perencanaan, pemanfaatan dana desa, kegiatan pembangunan dan lain sebagainya dalam SID dapat diakses warga dengan mudah, selain itu pemerintah desa juga dituntut lebih akuntable.

Warga Lebih Aktif Berpartisipasi Dalam Proses Pembangunan Desa

Dengan ketersediaan informasi dan data desa yang gampang diakses ini, dapat meningkatkan potensi masyarakat untuk bisa berpartisipasi pada pembangunan desa. Masyarakat atau warga akan mengetahui apa saja kegiatan yang sedang direncanakan dan berjalan, sehingga bisa turut mengawal aktivitas tersebut atau bisa juga dengan memberi saran, masukan dan usul terkait pembangunan desa. 

Sistem Informasi ini juga berpotensi menyediakan media elektronik dalam menggalang partisipasi warganya, misalnya dengan adanya forum warga desa untuk berdiskusi, menyampaikan usulan atau komentar secara elektronik.

Warga Memperoleh Akses Informasi Desa Lebih Baik

Melalui SID, perencanaan, informasi kependudukan, anggaran, aset dan sebagainya bisa langsung terekam lewat sistem elektronik. Seluruh informasi tersebut memiliki potensi lebih gampang diakses oleh masyarakat. Kantor desa memiliki kesempatan dalam menyediakan fasilitas yang tepat bagi warga agar dapat mengakses informasi mengenai aktivitas desa dengan mudah.

Itulah berbagai macam manfaat dan peranan Sistem Informasi Desa, mengenai produk-produknya sendiri, berikut akan Kami ulas penjelasannya!

Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Desa 

Simpeldesa merupakan singkatan dari Sistem Informasi Manajemen dan Pelayanan Desa ialah aplikasi berbentuk web base atau dashboard yang sudah terintegrasi dalam bentuk Apps untuk memudahkan pelayanan, interaksi administrasi serta usaha desa yang terjadi antara masyarakat dengan pemerinta desa. Berikut tujuan dibuatnya Simpel desa, diantaranya :

  1. Mendigitalkan proses pelayanan dan administrasi desa.
  2. Mempermudah perangkat desa untuk mengerjakan pelayanan dan administrasi terhadap masyarakat.
  3. Melakukan transparansi komunikasi secara vertikal antara masyarakat dengan pemerintah desa dan publik.
  4. Menambah unit usaha BUMDes atau Badan Usaha Millik Desa
  5. Mengembangkan sistem ekonomi kreatif dari masyarakat desa lewat e-Bisnis Desa sekaligus meningkatkan usaha makro atau mikro masyarakat desa
  6. Menambah Pendapatan Asli Desa yang biasa disebut sebagai PADes
  7. Mempermudah pemerintahan sekaligus lembaga desa untuk memberikan informasi ke seluruh masyarakat desa.

Adapun fitur-fitur simpel desa, meliputi :

  • Administrasi

Mengerjakan berbagai jenis administrasi pemerintah desa menurut regulasi yang dirancang oleh K/L/D/I di atasnya lewat website atau dashboard. Dimana segala sistem administrasi dapat dikerjakan dengan cepat dan mudah serta dapat dilakukan melalui sistem online.

  • Ekonomi Desa

Simpel Desa dapat memberikan ruang media ke pemerintah desa lewat BumDes guna melakukan usaha dalam bidang e-bisnis untuk pemerintah desa sekaligus masyarakat dalam menggali potensi usaha ekonomi digital. 

  • Pelayanan

Aplikasi ini dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat desa untuk mengajukan administrasi dari Pemerintah Desa sekaligus layanan masyarakat agar dapat berpartisipasi aktif dalam menyampaikan ide, saran, aspirasi ataupun kritik lewat ponsel android.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image